Selasa, 04 Juni 2013

E-Commerce


PENGERTIAN E-COMMERCE

Menurut beberapa ahli
  • Laudon dan Laudon (1998), E-Commerce adalah suatu proses membeli dan menjual produk-produk secara elektronik oleh konsumen dan dari perusahaan ke perusahaan dengan computer sebagai perantara transaksi bisnis.
E-Commerce atau yang biasa disebut juga dengan istilah Ecom atau Emmerce atau EC merupakan pertukaran bisnis yang rutin dengan menggunakan transmisi Electronic Data Interchange (EDI), email, electronic bulletin boards, mesin faksimili, dan Electronic Funds Transfer yang berkenaan dengan transaksi-transaksi belanja di Internet shopping,
Stock online dan surat obligasi, download dan penjualan software, dokumen, grafik, musik, dan lain-lainnya, serta transaksi Business to Business (B2B). (Wahana Komputer Semarang 2002).

  • David Baum (1999, pp. 36-34) yaitu: E-Commerce is a dynamic set of technologies, applications, and bussines process that link enterprises, consumers, and communities through electronics transactions and the electronic exchange of goods, services, and informations.
Diterjemahkan oleh Onno. W. Purbo: E-Commerce merupakan satu set dinamis teknologi, aplikasi, dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelavanan, dan informasi yang dilakukan secara elektronik.
  • Kalakota dan Whinston (1997) dapat ditinjau dalam 4 perspektif berikut:
  1. Dari perspektif komunikasi, E-Commerce adalah pengiriman barang, layanan, informasi, atau pembayaran melalui jaringan komputer atau melalui peralatan elektronik lainnya.
  2. Dari perspektif proses bisnis, E-Commerce adalah aplikasi dari teknologi yang menuju otomatisasi dari transaksi bisnis dan aliran kerja.
  3. Dari perspektif layanan, E-Commerce merupakan suatu alat yang memenuhi keinginan perusahaan, konsumen, dan manajemen untuk memangkas biaya layanan (service cost) ketika meningkatkan kualitas barang dan meningkatkan kecepatan layanan pengiriman.
  4. Dari perspektif online, E-Commerce menyediakan kemampuan untuk membeli dan menjual barang ataupun informasi melalui internet dan sarana online lainnya.

  • Benny Kurniadi S.Y, 20 tahun, mahasiswa TI  : Intinya sama seperti yang diutarakan para ahli diatas.

JENIS E-COMMERCE
 
 E-Commerce terdiri atas beberapa jenis, here we are :

1. Collaborative Commerce (C-Commerce)
Kerjasama secara elektronik antara rekan bisnis. Kerja sama ini biasanya terjadi antara rekan bisnis yang berada pada jalur penyediaan barang (supply Chain).

2. Business-to-Consumers (B2C)
Penjual = organisasi, pembeli = individu.

3. Consumer-to-Business (C2B)
konsumen me-request barang dan organisasi bersaing menyediakan barang untuk konsumen.

4. Consumer-to-consumer
penjualan dilakukan antar konsumen (individu).

5. Intrabusiness(Intraorganizational)Commerce
organisasi menggunakan E-Commerce untuk meningkatkan kegiatan operasi organisasinya. Hal ini dikenal juga dengan sebutan Businessto- Employee (B2E).

6. Government-to-Citizens (G2C) and to others
Pemerintah menyediakan layanan kepada masyarakat melalui teknologi ECommerce.

7. Mobile Commerce (m-Commerce)
Seperti namanya, E-commerce dilakukan secara mobile, seperti melalui telpon genggam.


MANFAAT E-COMMERCE

Banyak manfaat dari e-commerce. Salah satunya, E-Commerce memungkinkan kita bertransaksi dengan cepat dan biaya yang murah tanpa melalui proses yang retok, pembeli cukup mengakses situs e-commerce seperti e-bay, totkobagus, atau perusahaan yang mengiklankan produknya di internet, yang kemudian pembeli cukup mempelajari ketentuan-ketentuan yang ditentukan oleh pihak penjual untuk membeli produk/barang mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar